PEMBERDAYAAN SATLINMAS MELALUI LINMAS SIAGA

Dalam rangka Penyelenggaran Pelindungan Masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (SATPOL P3KP) Kota Pekalongan terhitung mulai tanggal 26 Juli 2023 menyelenggarakan Linmas Siaga Kota Pekalongan.

Linmas Siaga merupakan pendayagunaan anggota Satlinmas Kelurahan dengan bersiaga di Posko Linmas untuk kesiapsiagaan dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, serta membantu upaya pertahanan negara.

                                                                            

Satlinmas yang tergabung dalam Tim Linmas Siaga dibekali pelatihan guna menunjang tugasnya seperti pelatihan PBB serta pelatihan siaga bencana dan kebakaran. Bersama regu piket Satpol PP, Tim Linmas Siaga ikut serta dalam patroli ketertiban umum, ketenteraman dan pelindungan masyarakat di wilayah Kota Pekalongan. Adanya kegiatan Linmas Siaga ini Satlinmas diharapkan dapat mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi Linmas melalui pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap gangguan tibumtranlinmas di lingkungannya.