SOSIALISASI PENCEGAHAN KEBAKARAN DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH KOTA PEKALONGAN

Satpol P3KP Kota Pekalongan Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mendapat undangan dari Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Pekalongan untuk mengadakan kegiatan sosialisasi, edukasi dan simulasi pencegahan kebakaran. Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah (PAYM) yang beralamat di Jl.Dr.Wahidin no.108 Noyontaan Pekalongan pada Sabtu, Januari 2024.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Panti Asuhan Muhamadiyah , Bapak F. Eka Laksana P, S.I.Kom, M.Si selalu Kasi Pencegahan dan Informasi di Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan memberikan Sambutan kemudian dilanjutkan, simulasi pencegahan kebakaran oleh anggota pemadam kebakaran  yang teridiri dari Bapak Jumantoko, Dwi Sanyoto dan Rohman. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sekitar 40 anak dari Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah dan Panti Asuhan Yatim Wisma Rini `Aisyiyah.
                                                                  
Dalam kegiatan simulasi tersebut peserta diberikan tutorial memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan alat pemadaman kebakaran tradisional seperti karung goni, sarung, atau selimut. 

Petugas Damkar memberikan tutorial penggunaan APAR dan cara yang benar memegang/membawa APAR, Petugas Damkar juga Memberikan tutorial pemadaman kebakaran secara tradisional menggunakan karung goni, Selimut atau sarung yang telah dibasahi terlebih dahulu untuk memadamkan api dengan cara menutupnya rapat-rapat, sebelumnya kedua telapak tangan yang memegang ujung masing sarung wajib terlindung. Telapak tangan dibelakang karung, kepala menunduk dan kemudian berjalan pelan-pelan. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai pukul 11.00 WIB.