Sosialisasi Penanganan Kebakaran Dan Hewan Berbahaya Di Lingkungan Rumah Tangga

Satpol P3KP Kota Pekalongan Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melakukan Sosialisasi Penanganan Kebakaran Dan Hewan Berbahaya Di Lingkungan Rumah Tangga Serta Sosialisasi Rekruitmen "Srikandi" Redkar (Relawan Pemadam Kebakaran) di Gedung TP PKK Kota Pekalongan. Kegiatan yang digelar pada Rabu, 23 Februari 2023 dihadiri langsung oleh perwakilan anggota PKK tingkat kecamatan dan kelurahan Se-Kota Pekalongan.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Ibu Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Ibu Inggit Soraya, S.Sn., kemudian dilanjut dengan Kepala Satuan Satpol P3KP Kota Pekalongan, Bapak Sriyana,S.Sos, M.Si memberikan sambutan dan memaparkan tujuan dan maksud dari sosialiasi ini. Narasumber dari sosialisasi ini adalah Bapak Agung Jaya Kusuma Aji, S.H selaku Kabid Damkar dan Kasi Pencegahan dan Informasi Bapak Falentino Eka Laksana P, S.I.Kom, M.Si.

Setelah sesi teori selesai, dilanjut dengan simulasi pemadaman kebakaran dihalaman Gedung TP PKK Kota Pekalongan dan cara menangkap ular piton. Peserta sosialisasi diberikan tutorial memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan alat pemadaman kebakaran tradisional seperti karung goni, sarung, atau selimut. Petugas pemadam kebakaran memberikan tutorial penggunaan tabung APAR dan cara yang benar memegang, lalu membawa tabung APAR, Petugas pemadam kebakaran juga Memberikan tutorial pemadaman kebakaran secara tradisional  dapat menggunakan karung goni, selimut, sarung yang telah dibasahi terlebih dahulu kemudian menutup telapak tangan kita, berjalan agak merunduk menuju sumber api.  Perhatikan arah angin. Jangan sampai melangkah menuju sumber api, berlawanan arah angin. Setelah sesi tutorial penggunaan tabung APAR dan cara memadamkan api dengan alat tradisional, kemudan petugas pemadam kebakaran memberikan cara menangkap ular piton dengan menggunakan sapu lidi, serok sampah dan ember.




https://youtube.com/watch?v=d_Cp-6sucFU